Kartu Kredit Bank of America

Seperti yang pernah saya post sebelumnya, perbankan di sini sangat beda dengan di Indonesia *sigh*. Salah satunya adalah masalah kartu kredit. Kebetulan suami saya sebagai seorang yang teliti dalam masalah pembukuan rumah tangga lebih menyukai membayar sesuatu dengan kartu kredit karena bisa ditunda pembayarannya (lumayan, bisa mengendap dulu beberapa lama). Jangan salah, suami saya bukan sosok yang suka menunda pembayaran lalu ujung-ujungnya menunggak. Kebetulan kami punya satu pandangan dalam hal kartu kredit ini: selalu bayar lunas tagihan karena enggan membayar bunga ataupun biaya lain.

Di Amerika ini prosedur mendapatkan kartu kredit ga mudah. Salah satu syarat mutlak adalah harus punya Social Security Number alias SSN. Untuk mendapatkan SSN harus menunjukkan surat penawaran kerja secara tertulis. Sedangkan untuk mendapatkan pekerjaan di sini cukup rumit. Jadilah urusannya seakan menemukan simpul mati, buntu 😀

Curi-curi dengar dari sesama penerima beasiswa di negara bagian lain, kebanyakan dari mereka sudah punya kartu kredit dari Bank of America. Hah? Kok bisa? Ternyata ada prasyarat yang harus dipenuhi, yaitu harus punya simpanan di Bank of America, entah checking account atau saving account. Syarat kedua adalah harus menyetujui sejumlah uang didebet dari rekening sebagai jaminan kartu kredit dan akan menjadi credit line.

Well, suami langsung bersemangat mendengar kabar ini. Jadilah beberapa minggu yang lalu kami ke cabang Bank of America terdekat untuk membuka (lagi-lagi) checking account dan sekaligus apply kartu kredit.

Butuh waktu kira-kira 2 minggu sampai kartu kredit disetujui dan satu minggu berikutnya untuk mendapatkan kartu di kotak pos kami.

Jadi begini rincian  biaya ini itu dari kartu kredit ini:

  • annual fee 39 USD
  • late payment fee 25 USD for first late payment
  • second late payment 35 USD each
  • ATM withdrawal 5% each withdrawal or minimum 10 USD
  • retail rate 20.24% annually
  • cash advance rate 24.99% annually

Wuah, biayanya lumayan juga, yang agak mendingan hanya bunga retail dan cash advance. Oya, nama produk ini adalah Secured Credit Card. Di web terkait juga disebutkan bahwa apabila selama 12 bulan ke depan track record kartu kredit ini bagus, akan besar kemungkinan deposit yang ditahan akan dikembalikan.

Advertisements
Tags:

One Comment to “Kartu Kredit Bank of America”

  1. how to aplication credit card visa bank of america…?? thanks.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: