Persiapan ke Disney World Beserta Tips Irit dari Berbagai Sumber

Sebuah kesalahan besar dari suami saya yang iseng menyebut-nyebut Disney World. Saya jadi tak bisa berhenti dari web ini. Akhirnya setelah dirayu-rayu dan dihitung-hitung, suami mengiyakan juga ajakan ke Walt Disney World.

Sebelumnya suami nguthek jadwal kuliahnya dulu, mencari minggu yang bebas dari paper dan exam. Itulah enaknya kuliah di US, jadwal dan sylabus serta due date pengumpulan tugasnya jelas terpampang di web selama semester berjalan. Setelah dicek, ternyata jadwal suami yang agak longgar ada di minggu keempat Oktober… Hore!

Sementara suami asik mencari jadwal kosong, saya asik nguthek di web Disney World demi mencari itinerary yang optimal dan termurah. Saya coba pesan paket yang ditawarkan dari Disney langsung yang terdiri dari tiket pesawat pulang pergi, tiket masuk dan hotel.. Alamak.. Selama 5 hari bisa menghabiskan 2.100 USD *melipir*.

Saya kesasar ke mousesavers, web yang memberi banyak informasi terkait perjalanan ke Disneyland (yang di California), maupun Disney World (yang di Florida). Dari sana pula saya mendapat informasi tiket masuk yang lebih murah di Undercover Tourists. Saya juga iseng mencari langsung ke web Jetblue Airways untuk mendapatkan tiket pesawat pulang pergi yang jadwalnya sesuai dengan kami. FYI: tiket pesawat dari Disney jadwalnya tidak fleksibel.

Tiket pesawat sudah. Tiket masuk juga sudah. Sekarang hal yang tak kalah penting: penginapan! Berhubung Disney menawarkan fasilitas khusus berupa antar jemput dari bandara dan bus gratis ke semua park asalkan menginap di resort mereka, saya rasa yang paling optimal memang menginap di resort Disney. Selain itu pengunjung yang menginap di resort mereka bisa mendapat akses Extra Magic Hours, fasilitas di mana pengunjung bisa menikmati park sebelum dibuka atau bahkan setelah ditutup untuk umum. Tipe penginapan ada bermacam-macam: Deluxe Villa, Deluxe Resort, Moderate Resort dan Value Resort. Jelas donk saya memilih menginap di Value Resort.

Jadi kemarin saya sudah mengeksekusi semua keperluan kami. Total jendral… yang jelas sih ga sampai menghabiskan 2.100 USD seperti kalau pesan paket di Disney langsung :p

Berikut tips irit yang saya rangkum dari web di atas ditambah dari forum diskusi ini:

  1. Pesan kamar saja (room only) lebih murah ketimbang pesan paket liburan. Ya, memang terbukti 😀
  2. Membawa makanan dari rumah jauh lebih irit ketimbang makan di park. Oh jelas, kami akan mempersenjatai diri dengan roti tawar, selai dan keju. Untuk makan malam kami sudah membidik Mc Donalds di dekat penginapan. Seberapa irit penghematan? Untuk bayangan saja, sekali makan di table restaurant bisa menghabiskan 200 USD sekali makan. Mc Donalds hanya berkisar 10 USD sekali makan berdua.
  3. Bawa benda-benda seperti poncho, handuk dan topi untuk berjaga-jaga kemungkinan hujan. Oya, menurut ramalan cuaca, hari di saat kami datang akan hujan.
  4. Kalau ingin beli snack di park, beli buah segar saja yang harganya di bawah 2 USD.
  5. Tap water di park rasanya tidak enak (menurut beberapa orang). Disarankan membeli air minum botol di hotel. Oh well, saya dan suami bukan tipe yang rewel soal makanan dan minuman. Jadi hal ini bukan masalah.
  6. Apabila ketinggalan jemputan Disney dan tidak ingin naik taksi, ada bis kota yang beroperasi di jam-jam tertentu hanya dengan 2 USD.
  7. Apabila ingin berhemat di harga tiket masuk, tidak usah beli fasilitas park hopper. Walaupun hasilnya dalam 1 hari hanya bisa masuk ke 1 park. Tak apa, saya sudah menyusun itinerary perjalanan hari pertama sampai keempat.
  8. Optimalkan Extra Magic Hours! Saya menyusun jadwal kunjungan dengan memperhatikan park mana yang sedang menawarkan waktu buka lebih panjang sehingga bisa bermain lebih lama.

saya ingin melihat fireworks ini

… dan berfoto dengan princess cantik ini

Advertisements
Tags:

3 Responses to “Persiapan ke Disney World Beserta Tips Irit dari Berbagai Sumber”

  1. saya juga mauuuu! 😯

Trackbacks

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: