Grand Canyon National Park, Arizona

2013-05-17 14.42.55

Perjalanan dari Sedona menuju Grand Canyon memakan waktu kurang lebih 2 jam. Kami sampai di hotel yang dipesan sekitar pukul 10 malam. Bisa dibayangkan bagaimana lelah dan laparnya kami saat itu. Di saat seperti itu justru muncul kejadian yang kurang menyenangkan. Bisa dibilang hotel yang kami pesan tidak profesional. Saat kami membuka kamar hotel yang diberikan oleh resepsionis ternyata kondisi kamar masih berantakan. Benar-benar berantakan dalam arti sebenarnya. Sepertinya kamar itu belum dibersihkan sejak tamu sebelumnya check out. Resepsionis tidak merasa bersalah bahkan ogah-ogahan memberi kunci kamar pengganti. Kami masuk ke dalam kamar pengganti dan ternyata… Kamar itu sudah dihuni orang! Merasa marah, penghuni kamar keluar dan mengajukan komplain bersama kami.

Tak mau bermasalah ketiga kalinya, kami menyeret resepsionis ikut membuka kamar ketiga, hahahaha! Untung saja kamar ketiga ini tidak bermasalah. Akhirnyaa.. bisa istirahat juga.

Sebenarnya untuk menjangkau Grand Canyon kita bisa memilih menginap di 3 kota yaitu Flagstaff, Williams atau Tusayan. Flagstaff terletak sekitar 1,5 jam dari lokasi dengan tarif hotel termurah. Williams bisa ditempuh dengan mobil sekitar 1 jam dari Grand Canyon. Kota terakhir, yaitu Tusayan, berjarak hanya 10 menit dari entrance Grand Canyon tetapi tentu saja dengan tarif hotel yang lebih mahal dari 2 kota lainnya. Setelah menimbang dari segi harga dan lokasi, akhirnya kami memilih untuk menginap di kota Williams, yang juga dilewati rute historis di US, US Route 66.

Keesokan harinya kami melaju ke Grand Canyon yang tersohor itu. Untuk memasuki area National Park ini kami harus membayar USD 25 per mobil. Tiket masuk berlaku untuk 7 hari berturut-turut. Cukup murah, khan?

Grand Canyon bisa dilihat dari beberapa sisi yaitu South Rim, North Rim dan West Rim. South dan North dikelola oleh pemerintah Amerika tetapi West Rim adalah tanah pribadi milik suku Hualapai. South Rim lebih mudah dijangkau dan fasilitas yang tersedia lebih lengkap, jadi kami pun memilih South ketimbang North. Oiya, walaupun milik pribadi, West Rim juga bisa dikunjungi oleh turis, tentunya dengan biaya yang berbeda. Berdasarkan informasi, paket yang disediakan mulai dari $29.95 per orang, belum termasuk pajak dan biaya tambahan. Di West Rim ada area yang disebut SkyWalk di mana pengunjung bisa menapakkan kaki di lantai kaca dan memandang ngarai tepat di bawah kaki. Untuk itu perlu merogoh kocek ekstra $70.95 per orang belum termasuk pajak. Jangan dikira kita bisa bebas mengambil gambar selama di SkyWalk. Seluruh barang bawaan tidak diperbolehkan dibawa, termasuk kamera. Apabila ingin memiliki gambar selama di SkyWalk pengunjung harus membayar sekitar $20. Lebih komersial 🙂

view dari Desert Overview

view dari Desertview Overlook

South Rim sendiri sangat luas sekali. Saat mengunjungi Visitor Center kami diberikan beberapa rute dan trail yang dapat dilewati untuk menikmati pemandangan Grand Canyon, masing-masing dengan scenic view post-nya. Rute ke barat (sampai mencapai Hermit’s Rest) bisa dilalui dengan berjalan kaki, sewa sepeda atau menggunakan shuttle bus yang tersedia. Karena keterbatasan waktu dan kemalasan kami, jelas kami memilih shuttle. Sedangkan rute ke timur (menuju Desertview Outlook, sekitar 30 km ke arah timur) hanya bisa dilalui dengan mobil pribadi.

Itulah sebabnya rute barat banyak dipadati oleh wisatawan, sedangkan rute timur sebaliknya. Walaupun menurut kami, pemandangan yang ada di post Desertview Outlook adalah yang terbagus sepanjang Grand Canyon South Rim, apalagi kalau kita menaiki Watch Tower yang ada di sana sampai ke puncaknya dan memandangi ngarai yang terbentang luas dari sana. Majestic!

Di beberapa titik saya harus mengingatkan suami saya untuk tidak terlalu ke tepi tebing. Dalam hati saya hanya membatin, pasti di masa kecilnya ia sangat bandel dan suka memanjat sana sini.. Haduh *usap keringat*.

ini dia yang bikin saya deg-deg-an

ini dia yang bikin saya deg-deg-an

Untuk pengunjung yang berjiwa avonturir, di Grand Canyon juga ada rute trail hiking menyusuri lembah hingga mencapai Colorado River. Tentunya dengan berbagai tingkat kesulitan masing-masing rute yang berbeda. Rute hiking tersulit adalah yang  menembus ngarai menyeberangi sungai menuju ke rim seberang, North Rim. Untuk mencapai seberang, dibutuhkan waktu hingga 14 jam dan disarankan untuk tidak menempuhnya dalam waktu sehari. Pihak pengelola menyediakan rest stop untuk beristirahat di sana. Tetapi tentu saja jangan membayangkan tempat yang nyaman bagaikan hotel ya.

Untuk menceritakan indahnya Grand Canyon mungkin lebih baik apabila diwakili oleh gambar saja ya. Enjoy!

2013-05-17 13.07.12

kalau pose di sini masih mendingan karena tidak di pinggir tebing


2013-05-17 14.09.45

Jalur yang bergurat-gurat di sisi kanan bawah adalah salah satu trail Grand Canyon, tertarik?


2013-05-17 14.41.15

Salah satu sceniew view post di rute barat


 Desertview Outlook

Desertview Outlook

Advertisements
Tags:

5 Responses to “Grand Canyon National Park, Arizona”

  1. skywalk nya keren banget.. tapi payah banget ya kalo gak boleh foto…

Trackbacks

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: