Page, Arizona

Page mungkin terlihat seperti kota biasa saja tanpa keistimewaan apa-apa. Tetapi setelah bermalam di kota kecil ini ternyata dugaan saya keliru. Di sini saya terpuaskan oleh birunya Lake Powell, merahnya bebatuan di Horseshoe Bend dan silaunya pantulan cahaya di Antelope Canyon.

Glen Canyon Dam

Mungkin kalau mendengar bendungan yang akan muncul di bayangan kita adalah struktur bangunan yang membosankan dan tak ada hal yang bisa dilihat. Atau mungkin itu hanya dalam benak saya, hehehe.. Pastinya perkiraan saya salah besar saat memandang Glen Canyon Dam ini. Obyek wisata ini gratis tetapi tetap terawat tanpa sampah ataupun benda lain yang tak enak dipandang.

pemandangan panoramic dari atas. bendungannya tidak terlihat ya, hehehe

pemandangan panoramic dari atas. bendungannya tidak terlihat ya

Untuk menjangkau area khusus di mana kita bisa memandang ke dam dibutuhkan usaha khusus. Jalan menuju ke sana cukup curam, walaupun di beberapa tempat disediakan tangga lengkap dengan pegangannya. Kalau membawa anak-anak sepertinya agak riskan ya.

ini baru sepertiga awal perjalanan

ini baru sepertiga awal perjalanan

Setelah sampai di bawah baru kelihatan cantiknya

ini dia dam yang membendung Lake Powell

ini dia dam yang membendung Lake Powell

kelihatan khan perbandingan antara orang dengan damnya

kelihatan khan perbandingan antara orang dengan damnya

Antelope Canyon

Antelope Canyon mungkin tidak seterkenal saudaranya, Grand Canyon. Tetapi sebenarnya kawasan wisata ini sangat menarik dan unik. Terdiri dari 2 area, Upper dan Lower, masing-masing punya daya tarik tersendiri. Di Upper Antelope Canyon kita bisa lebih leluasa bergerak karena konturnya tidak naik turun. Lower Antelope Canyon perlu perjuangan lebih, karena di sini sempit sekali.

Antelope Canyon tidak dikelola oleh pemerintah Amerika melainkan oleh suku Indian yang berhak atas tanah di sini. Jangan heran apabila biaya yang ditarik lebih tinggi ketimbang obyek wisata lain. Masing-masing canyon (Upper dan Lower) menarik biaya sebesar 25 USD per orang. Itu masih di luar tip untuk pemandu wisata.

gerbang masuk Upper Antelope Canyon

gerbang masuk Upper Antelope Canyon

di dalam Antelope Canyon

di dalam Antelope Canyon

untuk menyusuri Lower Antelope Canyon harus sedikit berjuang

untuk menyusuri Lower Antelope Canyon harus sedikit berjuang

di celah Lower Antelope Canyon. sempit

di celah Lower Antelope Canyon. sempit

Horseshoe Bend

Sewaktu teman saya mengajak ke sini sebenarnya saya sedikit apriori bahwa obyek wisata ini akan biasa dan tidak memukau. Lagi-lagi saya salah. Horseshoe Bend adalah bentukan geografis dari Lake Powell yang kebetulan berbentuk seperti tapal kuda sehingga disebut demikian. Kejernihan Lake Powell sangat mencolok sehingga membuat birunya danau kontras dengan merahnya dinding batu di sekitar.

horseshoe bend

horseshoe bend

Lake Powell

Salah satu atraksi yang ditawarkan di Lake Powell adalah boat tour. Tiket untuk mengikuti tour ini sebesar 45 USD per orang. Lumayan mahal ya. Tour berlangsung selama kurang lebih 1.5 jam. Selama tour ini saya memperhatikan peserta tour lain ternyata simbah-simbah semua. Sepertinya pengunjung yang berusia muda seperti kami (hehe) lebih suka menyewa boat sendiri atau jetski. Sepanjang perjalanan membelah Lake Powell boat kami berpapasan dengan muda-mudi yang asyik memancing di boat mereka atau di atas jetski.

2013-05-19 09.46.02

2013-05-19 09.48.02

kapal yang kami tumpangi

kapal yang kami tumpangi

di tengahmbah-mbah

di tengah mbah-mbah

Nah sudah terbayang khan boat tour seperti apa. Kalau boat yang disewa secara pribadi seperti di bawah ini. Pada umumnya keluarga dengan anak-anak kecil atau pasangan muda lebih menyukai sewa boat seperti ini.


Pokoknya kalau punya kesempatan berkunjung ke Arizona, jangan hanya mampir ke Grand Canyon tapi berkunjunglah ke Page.

Advertisements
Tags:

7 Responses to “Page, Arizona”

  1. Di Arizona suhunya sekitar brp Tyas? keliatan hanya pengunungan batu ko rasanya panas gitu hehe. Antelope Canyon bagus dan unik tuh, cuma tiket masuknya lumayan mahal ya :D.

  2. kayaknya liburan yang sangat mahal ya mba?hehe
    dan juga kayaknya panas sekali ya mba?

  3. Indah sekali Mieke…..

Trackbacks

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: