San Francisco, California

Perjalanan bermobil dari Los Angeles ke San Francisco adalah perjalanan terlama yang kami alami selama road trip West Coast kemarin. Ga tanggung-tanggung, total jendral perjalanannya sekitar 7 jam, lumayan panas juga pantat kelamaan duduk di mobil.

Kalau ke San Francisco jangan lupa mampir sebentar ke Stanford University yang jaraknya 37 mil dari pusat kota. Lingkungan kampus ini asri dan hijau sekali. Belum lagi di sini ada beberapa obyek yang sepertinya memang dimaksudkan untuk mengundang pengunjung seperti Sculpture Garden dan Gereja. Kalau lihat di website sih memang tersedia tour gratis harian bagi pengunjung. Bayangkan, sampai disediakan ada tour segala, saking banyaknya yang ingin melihat-lihat Stanford dari dekat. Kami sepakat saat itu, ini salah satu kampus tercantik yang pernah kami kunjungi di Amerika.

2 hari 1 malam sebenarnya tidak cukup kalau datang ke San Francisco, sebenarnya lumayan banyak hal menarik yang bisa dikunjungi di sana. Tetapi minusnya, biaya penginapan di sini tidak semurah dibandingkan kita menginap di Las Vegas atau Los Angeles. Menginap di hotel berbintang 2 saja memaksa kami merogoh kocek USD 100 semalam. Mahalnya setara dengan Boston dan Chicago. Itupun letaknya tidak dekat dengan downtown, sekitar 30 menit bermobil dari sana.

Alhasil di San Francisco kami hanya sempat mengikuti boat tour mengarungi San Francisco Bay dari Pier 39, makan siang, naik cable car lalu mengunjungi Golden Gate Bridge dengan mobil.

Kami langsung menuju ke Pier 39 saat itu, atau yang juga dikenal dengan Fisherman’s Wharf, di sana semacam dermaga di pelabuhan yang dipenuhi dengan toko-toko, tempat makan, museum Ripley’s, akuarium samudera dan masih banyak lagi di sana. Semacam pusat keramaian di sana. Banyak obyek wisata bisa diakses dengan datang langsung ke sana.

Pier 39, awal jalan-jalan kami

Pier 39, awal jalan-jalan kami

Setelah makan siang di salah satu restoran sea food yang ada di Pier 39 kami memutuskan untuk mengikuti boat trip yang membawa kami mengelilingi pulau Alcatraz, kemudian berlayar ke bawah Golden Gate Bridge dan melihat skyline San Francisco dari perairan. Sebenarnya lebih bagus lagi kalau bisa mengunjungi penjara Alcatraz, sayangnya untuk hari itu tiket sudah habis terjual. Apa boleh buat kami hanya foto-foto dari jauh saja.

Alcatraz dari jauh

Alcatraz dari jauh


boat tour

boat tour


Golden Gate

Golden Gate

Sepulang dari boat trip pikiran kami terbelah antara pengin mencoba cable car atau mengikuti Duck Tour yang juga ada di SF. Lagi-lagi karena pertimbangan waktu dan biaya, rombongan kami memutuskan untuk mencoba naik cable car, transportasi publik yang hanya ada di San Francisco (CMIIW). Cable car sendiri mirip dengan bus yang layaknya dijumpai di setiap kota di Amerika, kita bisa naik atau turun di salah satu stop atau terminal di sepanjang rutenya. Kebetulan di dekat Pier 39 ada salah satu rutenya, kami pun bergegas menuju terminal. Sesampai di sana, sudah nampak antrian panjang pengunjung yang punya niatan yang sama dengan kami, setelah membayar karcis USD 6 per orang, kami pun ikut mengantri.

Eh, ternyata terminal tempat saya antri merupakan terminal akhir cable car, saya pun akhirnya bisa melihat bagaimana cara cable car putar balik menuju rute yang berlawanan. Karena berjalan mengikuti lintasan rel yang ada di jalan, butuh usaha untuk memutarbalikkannya. Tapi ga perlu dengan usaha yang rumit, cukup didorong di rel yang khusus berputar sehingga bagian depan yang awalnya ada di belakang bisa kembali ke depan lagi.

 pantas saja yang bekerja di sini badannya gede semua

pantas saja yang bekerja di sini badannya gede semua


cable car

cable car

Lucunya, dari naik sampai turun kembali dari cable car suami saya masih kebingungan dengan cara bagaimana kereta ini berjalan, karena di keretanya sendiri tidak nampak terlihat dan terdengar mesin yang sedang bekerja. Hanya ada 1 orang operator yang sibuk menarik tuas rem ketika ada penumpang berteriak, “Stop!”, meminta agar kereta diberhentikan karena dia telah sampai di tujuannya.

Setelah puas berjalan-jalan di pusat kota, kami pun kembali bermobil untuk mengunjungi Golden Gate Bridge dari dekat, tidak puas dari ujung selatan jembatan yang terletak di ujung kota San Francisco, kami juga mengambil foto-foto jembatan dari ujung seberang jembatan. Hehehe mumpung.

 dari South Bound, seberang kota SF

dari South Bound, seberang kota SF


jalan-jalan sore di atas Golden Gate Bridge

jalan-jalan sore di atas Golden Gate Bridge

Kalau dari sisi South Bound (atau di seberang kota San Francisco) di sekitar jembatan hanya ada parkiran dan bukit-bukit saja, sangat terlihat apabila terletak jauh dari kota.

dari North Bound, ujung kota San Francisco

dari North Bound, sisi kota San Francisco

pagi-pagi berselimutkan kabut...

pagi-pagi berselimutkan kabut…

Tapi kalau dari sisi North Bound (atau di sisi kota San Francisco) lebih tertata apik dengan taman-taman dan visitor center tempat kita bisa membeli souvenir khas Golden Gate Bridge dan kota San Francisco. Lumayan buat buat kenangan sudah pernah datang ke sini.

Tidak menyangka petualangan kami di West Coast selama 15 hari berakhir pada hari itu juga. Siang harinya kami langsung bertolak ke Oakland, kota kecil di utara San Francisco yang berjarak sekitar 30 menit berkendara. Dari sana, kami bertolak kembali ke NYC naik pesawat selama 6 jam nonstop.

Advertisements

5 Comments to “San Francisco, California”

  1. Cable car-nya asyik ya mbak 😀 *pengeeeeeen*

  2. Hanya ada di fransisco??
    kren..

  3. gua tiap taun ke SF tapi gak pernah ke standford. hahaha

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: