Onondaga County Public Library

Sedari kecil saya suka membaca, di kota manapun saya tinggal pasti saya cari perpustakaan daerah. Makanya saya menganggap ini sebuah degradasi begitu tinggal di Amerika lalu tidak memanfaatkan perpustakaan sesegera mungkin. Saya baru mendaftarkan diri ke perpustakaan umum setahun setelah di sini lho, haduh haduh..

Hal yang sangat saya sukai dari perpustakaan umum di Amerika adalah koleksi bukunya yang lengkap, up-to-date, dan sistem yang terintegrasi dengan baik. Jadi di Onondaga county (semacam kabupaten gitu deh) totalnya ada 11 perpustakaan yang tersebar di seantero Onondaga dan database-nya jadi satu. Sumpah ini keren banget. Soalnya walaupun sebagai anggota di satu perpustakaan, kita bisa pesan buku koleksi perpustakaan lain. Pesannya pun melalui internet, tinggal login, pilih buku, klik  pesan, lalu resmi deh buku itu di-tag kita. Kalau buku sudah tersedia di perpustakaan tempat kita terdaftar, akan ada notifikasi melalui e-mail dan sms bahwa buku sudah menunggu untuk diambil.

saya urutan 182 dari 342

saya urutan 182 dari 342

Notifikasi ini juga berlaku kalau buku sudah jatuh tempo dan harus dikembalikan. Tiga hari sebelum batas waktu ada e-mail dan sms. Kalau tidak ada yang memesan buku yang kita pegang biasanya masih bisa diperpanjang. Tapi kadang banyak buku (terutama yang laris) tidak bisa diperpanjang masa pinjamnya. Untuk memperpanjang pun caranya sama, tinggal login lalu klik buku dimaksud dan klik perpanjang.

buku yang saya pinjam milik perpustakaan cabang lain

buku yang saya pinjam milik perpustakaan cabang lain

Selain meminjam buku, kita juga bisa pinjam audio book, DVD dan bahkan e-book. Karena saya punya Kindle for iPad jadi seringkali saya pinjam versi Kindle saja. Proses pinjamnya bahkan tidak perlu bergerak dari tempat tidur (kebayang khan pemalasnya saya :D). Cukup login ke perpustakaan, login akun amazon, lalu download dan buku otomatis sudah ada di iPad saya.  Jelas kemudahan-kemudahan seperti ini yang pasti akan saya rindukan nanti.

Ngomong-ngomong berapa yang harus saya bayar untuk mendaftar jadi anggota perpustakaan? Null. Zero. Nada. Alias gratis 😀

Advertisements
Tags:

7 Comments to “Onondaga County Public Library”

  1. Wah asyikk banget gratis ikutan anggota perpus?.
    Besok2 coba aku ke perpus di kota ku sini ah, siapa tahu gratis juga 😀 .

  2. Ning….aku lupa belon bales email huhuhu. ini sibuk ngurus akte lahir aku beda huruf, coba yaaaa. Bisa aja gitu paspor + ktp + ijazah sama nama tapi di akte beda satu huruf, sibuk n stress ngurusnya hiks. ehh ini komen curcol hahaha

  3. berkhayal..pengin deh dalam jangka waktu tertentu nggak kerja, nggak sekolah, nggak ngapa2in selain baca buku dan nulis. hehe..

  4. Asyiknya…..terbayang bakal nongkrong di perpustakaan terus.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: