Master the Mainframe 2013

Enam tahun pertama karir saya di BRI diawali dengan dipercaya untuk mengoperasikan mainframe, sebuah mesin raksasa keluaran IBM. Makanya saat tahun lalu saya tahu ada kompetisi yang diadakan oleh IBM ini saya tertarik untuk mendaftarkan diri. Niat saya akhirnya patah saat mengetahui bahwa untuk berpartisipasi peserta harus memiliki pengajar di institusi yang terdaftar di IBM Academic Initiative, bisa guru atau dosen. Wah, saya tidak bisa ikut donk.

2013 flyer

2013 flyer

Setelah mencari info sana-sini saya tahu ternyata Syracuse University termasuk salah satu institusi yang memenuhi syarat tersebut. Bahkan kampus ini punya mainframe sendiri lho, katanya hibah langsung dari IBM! Sejak setahun lalu saya dorong suami untuk ikut serta, yang tentu ditolak mentah-mentah karena suami saya pada dasarnya memang malas untuk ikut macam-macam. Untung saja semester ini suami saya harus ikut mandatory course Enterprise Technologies di mana student harus menggunakan mainframe untuk sesi labnya. Dan suatu saat sang Profesor mengumumkan bahwa siapa pun yang berhasil lulus tahap 1 kompetisi ini akan mendapat ekstra poin. Mendengar iming-iming ini barulah suami semangat mendaftar.

Senin lalu, 7 Oktober 2013, lomba resmi dimulai. Tak diduga suami langsung betah berjam-jam di depan laptop, bersemangat mengerjakan 10 soal tahap 1 mulai dari download emulator, login, ISPF, mengoperasikan Linux di mainframe dan lain-lain. Tahap 1 selesai dalam 30 menit saja.

8 jam berikutnya ia mulai sibuk dengan tahap 2, mulai dari JCL (termasuk proses debugging nya), menggunakan Cobol, Java, DB2 dan lain-lain dengan soal sebanyak 15 buah. Sampai 8 jam? Iya, soalnya hampir di setiap soal harus coding.

si biang kerok

si biang kerok

Dua hari kemudian suami mendapat e-mail dari IBM yang menyatakan bahwa dirinya dinyatakan salah satu dari 1000 peserta pertama yang mengirim jawaban tahap 1 dengan 100% benar. Hadiahnya dijanjikan akan dikirim menjelang akhir tahun, sebuah T-shirt IBM Mainframe.

surat pemberitahuan

surat pemberitahuan

Kalau melihat betapa bersemangatnya suami saya mengikuti lomba ini saya jadi geli sendiri mengingat dulu ia pernah lewat meja kerja saya kemudian berkomentar,

“Apa sih itu? Mesin koq kuno sekali. GUI-nya saja nggak jelas blas.”

Sekarang dia berkutat dengan mesin kuno yang GUI-nya tidak jelas itu, hahahaha.

Note: GUI = graphical user interface, user interface that uses images and text to allow the site visitor to interact with functions of a website.

Advertisements
Tags:

17 Responses to “Master the Mainframe 2013”

  1. hehehe….klo dijawa namanya kuwalat jip…..tp salut sama kamu dan suami kamu nih…semangat belajarnya bener2 top markotop 😉

  2. Tak kenal maka tak sayang 😀 . Trus ada lanjutan lombanya ga?.

  3. kaosnya kayak yang di foto itu ya Ning?

  4. Weleh weleh akhirnya ketagiham juga coding si mainframe…

  5. HUwaaaaa. membayangkan duduk di komputer berjam-jam ituh. Huaaaaaaa. 😛

  6. Wuiiih, berjam-jam berkutat sama coding, ya….. Kalau saya mungkin sudah mual-mual, hahaha….

  7. Jadi berjam2 kamu dicueki dong mbak? 😀 *kompor*

  8. Waaa…semangat….
    ternyata keasyikan ya

Trackbacks

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: