New York City, New York – Oct 2013 (Day 2)

Hari pertama kunjungan kami ke NYC dihabiskan mengunjungi tempat menarik yang ada di seputaran Bronx, salah satu borough di NYC. O iya, borough itu mungkin kecamatan ya kalo di Indonesia? Saya juga tidak mengerti sih hehehe. Selain Bronx, borough lainnya di NYC adalah Manhattan (borough yang ini pasti semuanya sudah paham), Queens (orang Indonesia banyak bermukim di borough yang ini), Brooklyn dan Staten Island.

Staten Island Ferry

Di ujung selatan (dan barat) Manhattan, banyak ditemukan dockdock tempat kapal bersandar. Tak heran, di situ pulalah kita bisa menemukan banyak pelabuhan, termasuk di antaranya pelabuhan penyeberangan ferry ke Staten Island dari Manhattan. Staten Island Ferry Station ini menjadi menarik karena selain tiket ferrynya gratis, kita juga bisa memanfaatkannya untuk menengok patung Liberty.

Sebelumnya, saya mendapatkan cerita dari seorang tour guide bahwa ada 3 cara yang bisa dilakukan apabila berkeinginan melihat patung Liberty:

  1. Mendatangi langsung Liberty Island, menggunakan kapal dari Battery Park dengan tiket paling murah $17 seperti tercantum di sini
  2. Memutari seputaran Liberty Island, menggunakan kapal pesiar dari CitySightsNY dengan tiket sekitar $64, atau
  3. Melewatinya, memanfaatkan ferry dari Staten Island Ferry seperti yang kami lakukan saat itu

Dengan perjalanan ini, juga berarti kami pun sukses melakukan ketiga cara tadi hehehe. Staten Island Ferry merupakan cara termurah (wong gratis!). Selain itu, kita bisa mengambil foto patung Liberty bagus sekali. Cuma sayangnya, bukan untuk foto bersama ya! Karena untuk foto bersama hasilnya kurang memuaskan, mengingat kita sebagai obyek foto selalu berada dalam bayang-bayang matahari alias backlight. Langsung mendatangi Liberty Island wajib dilakukan untuk mendapatkan foto bersama dengan hasil yang paling optimal 🙂

bagian depan pelabuhan

salah satu sisi ferry. bersih ya

Tuh, patung Liberty-nya bisa terpotret tepat di tengah, lengkap dengan bendera negara.

miss Liberty

pemandangan dari ferry

Ferry menyeberang ke Staten Island hanya memakan waktu 15 menit, kita bisa meluangkan waktu untuk berjalan-jalan di sekitar Staten Island atau memilih langsung kembali ke Manhattan dengan ferry berikutnya.

The Charging Bull Statue

Saya memilih langsung kembali karena masih ada beberapa tempat di sekitar Financial District yang ingin dikunjungi. Salah satunya adalah patung the Charging Bull yang ada di Broadway St. Patung ini selalu menarik orang untuk mendatangi. Untuk sekedar berfoto bersama, kita harus sabar mengantri dan tak jamak terjadi, adu serobot dengan pengunjung lainnya… Ini mungkin tak lazim buat orang Amerika, tapi normal buat kita bukan? Hehehe

sempat colek sedikit

Stock Exchange

Siapa yang tidak mengenal Wall Street? Mumpung lagi di Financial District, saya meluangkan waktu untuk berfoto di depan gedung yang katanya pusat perputaran modal dunia ini.

gedungnya tuiiinggi

ini sisi bagian belakang

Brown Brothers Harriman

Ada apa di sini sampai mampir segala? Kebetulan kantor BRI New York Agency terletak di gedung ini. Walaupun dulu sudah pernah mampir, boleh donk main lagi.

kali aja suatu saat bisa berkantor di sini

Ground Zero a.k.a. 9/11 Memorial

antrian menuju 9/11 Memorial

tiket masuk Memorial

Tragedi runtuhnya menara kembar WTC tahun 2001 meninggalkan bekas yang mendalam di sini, buktinya mereka tidak berencana untuk membangun apapun di bekas reruntuhan2 menara raksasa ini dan membangun 2 buah kolam dengan air mancur untuk mengenang baik korban maupun sukarelawan yang harus kehilangan nyawa di hari itu.

Tempat inilah yang sebenarnya menjadi tujuan utama kami di hari kedua. Kita bisa mengakses pass secara online ataupun mendapatkannya langsung di lokasi. Pemegang pass online mendapatkan keuntungan bisa memotong antrian pemeriksaan keamanan yang di hari itu cukup mengular. Kalau tidak mau capek antri, silahkan akses pass-nya di sini. Pass bisa didapatkan dengan cuma-cuma, tapi kita diharapkan memberikan donasi di charity box yang sudah disediakan.

Pengunjung harus melewati security screening seperti layaknya di bandara, semua tas, jaket, ikat pinggang dan perangkat elektronik harus dilepas dan ditaruh di tray untuk dilewatkan di mesin X-Ray. Bedanya di sini, kita tidak perlu sampai melepas sepatu. Setelah melewati screening, kita dipersilahkan berjalan sekitar 800 meter untuk mencapai kawasan memorial.

pool

9/11 Memorial sendiri berupa 2 reflecting pool yang disebut juga North Pool dan South Pool, yang dibangun di bekas reruntuhan menara WTC. Di sekelilingnya dipasang penanda seluruh nama-nama korban dan sukarelawan yang meninggal dunia saat kejadian.

nama-nama korban

Setelah puas berkeliling area memorial, saya pun beranjak pulang.

Jadi setelah kunjungan ke-5 ini apakah sudah bosan ke NYC? Tentu saja belum. Masih ada Rockefeller Center, berbagai pertunjukan Broadway, dan Brooklyn yang belum dijelajahi.

Advertisements
Tags:

One Comment to “New York City, New York – Oct 2013 (Day 2)”

  1. You guys should go to Brooklyn Botanical Garden when the cherry trees blossom or towards the summer. Dari semua botanical gardens di New York, Brooklyn yang paling bagus, Gedenya pas (gak kayak NY Botanical Garden yang gede banget kudu naik turun tram) dan pengaturan tamannya bagus. Japanese gardennya bagus buat foto2 hehehe… Ditunggu kabarnya buat makan2 di niuyoksiti ya 😀

    Btw, I love reading your blogs!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: