Santa Fe, New Mexico

Suasana di Amerika bagian Selatan bisa dibilang berbeda sekali dengan bagian lain. Hal itu pertama saya rasakan sewaktu mendarat di Arizona beberapa bulan lalu. Saya terbiasa melihat rumah-rumah di Amerika dengan dinding kayu, memiliki basement dan tangga yang juga jelas terlihat dari kayu serta mayoritas halamannya luas. Mayoritas rumah di Arizona dan New Mexico justru tidak demikian. Rumahnya terbuat dari batu dan kebanyakan tidak memiliki halaman.

Saya memilih New Mexico dengan alasan jelas: menambah jumlah negara bagian yang dikunjungi di Amerika. Nah kalau sekedar menambah negara bagian mungkin cukup mudah, yang sulit adalah menentukan kota mana yang disinggahi dan apa saja yang harus dilakukan di kota tersebut. New Mexico memiliki 2 pilihan menarik: Santa Fe dan Albuquerque. Memilih kota mana yang bagus di travel forum justru tidak membantu karena kebanyakan mengatakan do both! Baiklah, karena orang-orang mengatakan begitu, kita singgahi saja keduanya ๐Ÿ˜€

Memasuki pusat kota Santa Fe mengingatkan saya akan Jogja, kota budaya. Jangan bayangkan jalan raya yang lebar dengan akses jalan yang mudah seperti di kota lain. Beberapa jalan di sini merupakan jalan satu arah dan cari parkir juga susah. Saya dan suami 3 kali melewati jalan yang sama untuk mencari public parking. Tidak menyesal juga sih bolak-balik karena saya jadi tahu spot mana yang bagus untuk dilihat dan apa saja yang ditawarkan di pusat kota Santa Fe.

2013-07-22 17.59.50
Deretan pertokoan di jalan ini penuh warna dan benda tradisional. Rasanya tiap toko mengundang untuk didatangi dan difoto. Tapi kalau menuruti keinginan, bisa-bisa habis waktu dan juga isi dompet.
2013-07-22 18.02.55

Santa Fe lekat dengan berbagai bangunan bersejarah dan gereja-gereja tua yang cantik. Suami saya sempat iseng berfoto di dekat patung di sebuah gereja dengan ekspresi jahil. Katanya kalau sudah tua nanti dia akan mengajak saya ke tempat itu lagi, berfoto di tempat yang sama dan dengan ekspresi yang sama.
2013-07-22 18.27.38

Puas berjalan kaki menyusuri jalan di mana Museum of Contemporary Native Arts, Cathedral Basilica of St. Francis of Assisi dan Loretto Chapel terletak, perhatian kami tertarik ke sebuah acara musik di lapangan tengah kota. Usut punya usut ternyata kota cantik ini mengadakan berbagai sajian musik setiap sorenya. Musisi yang tampil saat tu adalah musisis jazz yang disponsori oleh perusahaan lokal bekerja sama dengan pemerintah daerah. Keren ya, untuk menarik wisatawan mereka mengadakan acara musik.

Saya sempat memotret beberapa pasangan yang asyik berdansa. Musiknya enak, suasananya mendukung, cuaca juga sedang tidak terik. Sekedar informasi, suhu di Santa Fe termasuk cukup panas yaitu bisa melebihi 33 derajat Celcius.2013-07-22 18.54.21 2013-07-22 19.03.02Lebih cantik mana, Santa Fe atau Albuquerque? Ternyata benar kata orang-orang di travel forum. ย Jarak antar keduanya hanya 1 jam, jadi tak ada salahnya mengunjungi dua-duanya ๐Ÿ˜‰

Advertisements

5 Comments to “Santa Fe, New Mexico”

  1. Keliling terusss,… asiknyooo ๐Ÿ˜€

  2. Katanya kalau sudah tua nanti dia akan mengajak saya ke tempat itu lagi

    bukannya juga sekarang udah tua? :B

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: