Tiga Bulan Lalu

Kalau diingat-ingat, kurang lebih tiga bulan lalu saya sedang menjalani hari di kantor seperti biasa. Awalnya saya bahkan lupa kalau hari itu hari keramat buat sebagian orang. Banyak di antara kami (saya tahu belakangan dari group Telegram PK-53) yang tak nyenyak tidur, tak enak makan, melihat gadget pun deg deg ser.

Tiba-tiba pukul 4.26 sore sebuah e-mail masuk ke inbox yang saya khususkan untuk hal-hal serius semacam melamar pekerjaan atau apply beasiswa. Jadi setiap ada notifikasi masuk ke e-mail ini saya agak nervous, karena bisa berarti dua hal: ada panggilan wawancara kerja atau update status aplikasi beasiswa saya.

Kepada 

Peserta Seleksi Substansi Beasiswa Pendidikan Indonesia

di Tempat

Berdasarkan Keputusan Direktur Utama Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) dengan nomor KEP-xx/LPDP/2015 tanggal 10 Desember 2015 tentang penetapan hasil seleksi substansi calon penerima Beasiswa Pendidikan Indonesia program magister dan doktoral dalam negeri dan luar negeri tahap IV tahun 2015 berdasarkan proses seleksi substansi (wawancara, LGD dan penulisan esai) yang telah dilaksanakan pada tanggal 11 – 27 November 2015 di Jakarta, Medan, Makassar, Yogyakarta, Surabaya dan Bandung. Kami beritahukan bahwa Anda telah dinyatakan

LULUS

bla bla bla

Saya menahan hati, jangan sampai terlalu girang. Kuatir kalau saya salah baca atau mungkin ada yang salah kirim atau apalah. Maklum di badan e-mail itu tidak menyebutkan nama maupun nomor registrasi saya sama sekali.

Sampai di rumah, saya tunjukkan e-mail pada suami. Reaksinya sih sama seperti saya dengan alasan yang berbeda. Pada dasarnya dia tipe yang sangat tidak bisa berekspresi jadi melihat tulisan yang tercantum di iPad yang saya sodorkan juga mukanya biasa saja.

Walaupun masih agak gamang, ini saya beneran lulus atau nggak, saya nekad melanjutkan proses pendaftaran ke universitas-universitas impian. Maklum ya, saya terbiasa ditolak. Terhitung sudah beberapa e-mail penolakan berbagai beasiswa yang saya terima. Gagalnya pun di tahap yang berbeda-beda. Ini bagaikan orang yang tiap nembak cewek ditolak, begitu diterima trus jadi nggak percaya, hehehe

Lima hari kemudian sebuah e-mail mampir lagi ke inbox yang sama

Yth. Calon Peserta PK

Perkenalkan, saya Mohammad Kamiluddin, PIC Persiapan Keberangkatan (PK) LPDP. Kami ucapkan selamat atas terpilihnya Saudara sebagai Calon Penerima Beasiswa LPDP. Tahapan selanjutnya yang WAJIB Saudara ikuti adalah Program PK LPDP yang akan dilaksanakan pada tahun 2016. Terdapat beberapa informasi penting terkait pelaksanaan PK, sebagaimana berikut…
Wah, ternyata saya lulus sungguhan! Masih ingat sih rasanya waktu itu, antara senang dan sedih. Senang karena akhirnya impian saya hampir terwujud. Sedih karena ini adalah harapan dari almarhum Papa. Beliau sejak dulu memang ingin saya mendapatkan beasiswa ke luar negeri. Sedih juga karena tidak ada orang tua untuk berbagi kebahagiaan ini. Apa boleh buat, saya hanya berbagi cerita dengan adik-adik yang tentunya juga senang mendengar kabar ini.
Yang pasti saya tidak akan berhenti hanya sampai di sini. Selama bisa melangkah maju, kenapa tidak?
Cheers!
Advertisements

6 Comments to “Tiga Bulan Lalu”

  1. wah… congrats yaaa 🙂

  2. Waaah senangnyaaa.. Selamat mbak… Sukses selalu!

  3. alhamdulillah. berangkat kmana ini rencanae? smoga dimudahkan ya prosesnya 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: