Library at the Dock, Melbourne

Bisa ngebayangin perpustakaan yang letaknya di dermaga nggak? Melbourne punya perpustakaan unik seperti ini lho, namanya Library at the Dock. Di sini, sama seperti library pada umumnya, kita bisa baca buku, ngopi-ngopi, belajar, kerja atau sekedar ikut acara klub yang sedang berlangsung.

 photo IMG_3065_zpstlyjdrof.jpg

Walaupun berlokasi di daerah yang tidak terlalu ramai, Library at the Dock sebenarnya mudah sekali diakses dari kota karena dilewati free tram. Ini juga sebenarnya yang membuat saya beberapa kali ke sini, maklum saya suka hal-hal berbau gratis.

 photo IMG_3073_zpsoxmryr0t.jpg

Kalau bukan karena informasi dari Google Maps bahwa saya menuju arah yang benar, rasanya besar kemungkinan pengunjung agak kesulitan menemukan perpustakaan ini karena bentuk bangunannya yang biasa saja dan tulisan yang tidak terlalu besar. Begitu mendekati pintu masuk baru kelihatan jelas bahwa ini memang library yang dituju.

 photo IMG_1663_zpsdma8lrkv.jpg

Tidak perlu ragu untuk masuk ke dalam karena sebenarnya juga tidak ada yang peduli sama kita sih, hahaha.

Begitu masuk, kita akan disambut oleh harumnya kopi dari kafe yang terletak di sebelah kiri pintu. Saya pernah mencicipi latte di sini, lumayan untuk teman saat membaca buku. Beberapa snack dan kue yang dijual lumayan menggoda, tapi agak terlalu mahal untuk ukuran kantong mahasiswa.

 photo ea6c341d-9450-40d9-9892-445cc13b7163_zpshe9kzkja.jpg photo 5700b4da-983e-40ae-bdf4-f93223411213_zpsmqrw7u8k.jpg

Biasanya saya sih akan langsung masuk menuju rak buku. Puas banget rasanya melihat-lihat koleksi bukunya, mulai dari biografi, literature, fiction sampai koleksi buku anak. Kalau ingin pinjam buku juga boleh, prosedurnya mudah. Kita hanya perlu mengisi data diri di komputer yang tersedia, lalu menghubungi librarian sambil membawa kartu identitas seperti paspor.

Dengan verifikasi paspor saja kita bisa meminjam buku maksimal 2 buku. Lho kok sedikit sekali? Jangan khawatir, kalau mau pinjam dengan jumlah yang cukup banyak, tinggal bawa bukti alamat tempat tinggal, misalnya billing statement, tagihan listrik atau surat perjanjian kontrak apartemen. Kalau verifikasi sudah oke, kita bisa pinjam sampai dengan 50 item!

 photo E6A78C2B-FE66-4E87-9759-9C6D9F1C4BF9_zpsmnn7fcmm.jpg

 photo IMG_3070_zpscheqcpzr.jpg

Seperti halnya perpustakaan di negara maju lain, Library at the Dock ini tidak berdiri sendirian, melainkan merupakan bagian dari Melbourne City Library. Jadi gimana maksudnya? Kalau kita pinjam buku dari perpustakaan ini, proses pengembaliannya tidak harus di sini juga, melainkan bisa di library mana saja yang masih dalam satu kesatuan Melbourne City Library. Jelas ini memudahkan saya karena kalau mau mengembalikan buku tidak perlu jauh-jauh menempuh perjalanan ke Library at the Dock. Cukup jalan kaki ke City library yang notabene lebih dekat dari apartemen saya.

Advertisements

2 Comments to “Library at the Dock, Melbourne”

  1. mbak..kamu kece banget sih m bisa sampe melbourne dan di perpus..perpus nya rapi banget..keceh..hehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: