Semester Pertama di Unimelb

Akhirnya semester pertama selesai! Rasanya legaa, karena jujur saja, kuliah buat saya itu bukan hal yang mudah. Kapasitas ingatan saya ini amat sangat terbatas, sehingga perlu mengerahkan usaha ekstra untuk bisa paham dan hapal apa saja yang diajarkan dosen.

Sekarang saya mau sedikit cerita tentang mata kuliah yang diambil, beserta kesan dan bagaimana usaha saya untuk bisa catch up.

kws7f

IS Consulting. Mata kuliah ini punya tujuan mulia, mengenalkan mahasiswa akan dunia consulting mulai dari gimana sih memahami klien, cara jualan, menggali apa yang dibutuhkan klien, bekerja sama, dealing with difficult people dan banyak hal lainnya. Ini mata kuliah yang bikin saya shock. Gimana ngga shock, tugas pertama saya dapat nilai yang ‘aduh mari kita lupakan saja yuk’. Saya juga punya pengalaman buruk di mata kuliah ini, sesuai dengan yang dideskripsikan di gambar sebelah, hahahaha..

Mata kuliah ini diajar dua dosen, satu orang Aussie dan satu lagi orang Thailand. Pak Thailand ngomongnya luar biasa cepat sampai-sampai kadang saya bingung orang-orang pada ketawain apa kok saya ngga nangkep joke-nya ya? Sedikit terhibur waktu tahu kebanyakan Asian student juga mengeluhkan hal yang sama.

Lha khan bapaknya juga Asian? Well, menurut cerita si bapak sih dia udah di Aussie sejak dari masa undergrad sampai PhD dan kerja jadi nggak heran lah ya kalau bahasa Inggrisnya sudah seperti native. Pak Thailand ini kalau siang kerja di Deloitte dan malamnya baru ngajar, jadi bisa dibilang dia itu praktisi sekaligus akademisi.

Managing ICT Infrastructure. Kuliahnya selalu pagi-pagi: jam 9. Winter, pagi dan kuliah, jelas bukan kombinasi yang menyenangkan, paling tidak buat saya. Ngantuk berat, asli deh! Apalagi pak dosennya ini dosen tamu dari Tasmania yang hanya akan datang ke Melbourne kalau dia ngajar which is dirapel 3 pertemuan dalam satu minggu. Alhasil saya punya beberapa Rabu, Kamis dan Jumat di mana saya duduk manis di kelas dari jam 9 sampai jam 1 siang dengan kondisi kurang konsentrasi.

q

Materinya asik sih, saya jadi tau yang namanya COBIT 5, ITIL dan sebagainya trus juga dari assignment-nya jadi tahu cara menganalisa ICT infrastructure plan. Hail to senior saya yang berbaik hati kasih contoh assignment jadi saya nggak terlalu dodol banget waktu ngerjain tugas.

Secara kebetulan ada yang pernah upload foto pak Tasmania dengan caption yang bikin ngakak, hahahaha. Saya bakal bertemu lagi dengan pak Tasmania ini semester depan, karena beliau mengajar kelas lanjutannya.

IT Project and Change Management. The title says it all. Ini kerjaan saya banget di kantor terakhir. Kelas ini belajar soal requirement gathering, plan, scheduling, budget, resources, SDLC, risk, change management and the like. Eh buset pas nulis bagian ini kok saya berasa lagi nyatet bahan kuliah ya.

Saya kebagian kelompok yang asik di sini, ngga demanding, ngga ada yang sok oke dan semua kasih input sesuai dengan alokasi kerjaan yang sudah disepakati. Yay! Dosen mata kuliah ini ada dua, satu orang Latin dan satu lagi dari Denmark. Dua-duanya oke, saya suka. Bu Latin kalau bicara juga cepat, mirip seperti pak Thailand, tapi kalau yang ini masih bisa saya tangkap dia lagi ngomong apa. Kalau bu Denmark ini pengalamannya banyak, dia pernah jadi Project Manager di mana-mana so she knows what she’s talking about.

Bu Latin itu maunya semua jawaban persis seperti yang diajarkan di kelas, yang mana buat saya itu susah sekali karena semua bahan otomatis hilang dari ingatan saya begitu keluar kelas. Maklum, kuliahnya itu mulai dari 17.30-20.30. Begitu kelas selesai bawaannya sudah lapar dan pengen pulang.

Ini gimana sih sebenernya, dikasih kuliah pagi komplain, sekalinya ada kelas malam juga protes, hahaha.

Organisational Process. Dosen saya yang ini British, logat Inggrisnya kental sekali. Good looking, kind and helpful, tapi kasih soal ujian tega bener, hiks. Di mata kuliah ini saya belajar soal Data Flow Diagram (DFD), Workflow Models (WfMs) dan juga Total Quality Management, Six Sigma, Business Process Re-engineering, and Knowledge Management.

Pssst, saya sengaja bawa-bawa kantor lama saya buat bahan assignment di mata kuliah ini. Pak British terkesan menghargai banget, terlihat dari komentarnya saat kelompok saya presentasi dan juga dari hasil feedback atas assignment kami.

Saya juga beruntung di kelas ini karena dapat anggota kelompok yang rajin dan mau kerja. Walaupun pas mau memutuskan siapa yang harus presentasi, empat dari lima anggota kelompok otomatis memandang saya dengan alasan “your English is better than us”.

Nahh, itu dia gambaran soal kuliah saya. Terdengar menyenangkan? Percayalah, buat saya ini sudah setengah mati usahanya. Saya cuma bisa berharap semoga semester depan dan depannya lagi dan juga yang depannya lagi bisa lebih baik. Wish me luck!

Advertisements

9 Responses to “Semester Pertama di Unimelb”

  1. Walau fotonya ga zoom pak Tasmania beneran mirip Trump loh hehehe 😀 . Btw liburan semester brp lama Ning? trus balik ke Indo?.

  2. Hahaha… seru kisahnya Mbak….
    Itu yang gambar Batman… Jujur, itu perasaan saya juga waktu semester 1, untuk mata kuliah studio desain yang SKS nya 12. Menyebalkan itu kalau kawannya sekelompok anak Eropa yang sok bgt, ga mau dengerin teman sekelompok. Kesannya mahasiswa dari Global South itu bodoh… Padahal dia yang freshgrad, dan hanya tahu berteori panjang lebar tanpa implementasi. Makanya yang semester 2, saya pilih written thesis. Kerja sendiri, dan hasilnya mmg bagus.
    Yang dosen good looking tapi sadis… Ini dosen kami juga. Pak Dosen mmg ganteng… tapi kalau kasih nilai rata2 C. Wkwkwk… Beruntung saat itu semester 2, saya sudah pandai berkata – kata…

    Err… dosen Thailand kerja di Deloitte… Uhm, jadi ingat someone yang dulu juga kerja di Deloitte… 😛

  3. walaupun setengah mati tapi salut sama usaha dan tekadnya buat sekolah lagi. gua dari dulu cuma pengen2 doang sekolah lagi tapi gak jadi2. hahaha.

Trackbacks

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: