Amerika vs Australia (bagian 3)

Ternyata tulisan iseng soal bedanya Amrik dan Aussie tau-tau udah nyampe bagian tiga aja. Kali aja ada yang kepo soal bahasan ga penting ini, bisa cek bagian 1 dan bagian 2 di link masing-masing ya.

Cloud Drive kampus

Ini sih bukan gambaran umum kampus Aussie dan Amrik, tapi cuma perbandingan antara Syracuse University dan University of Melbourne.

 photo a_zpsh0o947su.png

Gambar di atas saya ambil dari web SU tentang penjelasan On-Campus Storage Drive. Menurut saya sih di SU lebih nyaman buat pengguna komputer kampus seperti saya, soalnya semua mahasiswa punya cloud drive yang nempel ke user ID.

Gimana maksudnya? Jadi gini, kalo kita buka komputer khan ada drive A (hayo ngaku siapa yang pernah ngerasain jaman ada drive A buat disket.. Berarti T-U-A!), drive C, D dan sebagainya tuh. Nah kalo kita login ke komputer SU pakai student ID SU bakalan langsung punya drive pribadi, yaitu drive H. Jadi kalo kita mo pake PC yang mana aja, dokumen di drive langsung kebawa dan siap dipake.

Gimana dengan Unimelb? Sayangnya sampai dengan tulisan ini dibuat di akhir April 2017 belum ada. Unimelb pakenya GDrive, jadi semua dokumen nempel dengan user ID GMail kampus yang belakangnya (at)student(dot)unimelb(dot)edu(dot)au. Otomatis kalo pindah komputer kita harus download dokumen-dokumen dulu dari GDrive sebelum bisa kerja.

Koin

Siapa yang biasanya nganggep koin itu receh biasa yang nominalnya kecil? Saya sih enggak ya, sejak di Indo trus mampir Amrik bentar sih kalo ada receh biasanya saya kumpulin baik-baik. Lumayan, walopun keliatan dikit tapi kalo dikumpulin jadi banyak. Kalo di Amrik yang namanya koin itu nilainya ngga terlalu gede, paling cuma dalam bentuk sen. Pecahannya: 1 sen yang biasa disebut penny (yang kuning), 5 sen, 10 sen atau yang disebut dime dan 25 sen atau sebutannya quarter. Biasanya sering banget saya nemu dime atau penny di jalan, saking dicuekinnya sama orang-orang.

us-coins

Gambar koin Amrik diambil dari sini

Nah kalo di Aussie, jangan pernah mengabaikan koin karena satu koin itu nilainya bisa aja 10 ribu rupiah atau bahkan 20 ribu rupiah! Nominal masing-masingnya mulai dari 5 sen sampai 2 dolar. Masalahnya, koin 2 dolar itu ukurannya kecil, lebih kecil dari 50 sen. Banyak turis luar Australia yang juga nggumun “Kenapa ya uang di sini kok makin gede pecahannya malah makin cilik?”. Ditanya gitu sih saya cuma njawab “Iya ya, beda sama negara-negara lain”, sambil nyengir.

aus-coins

Gambar koin Aussie diambil dari sini.

Asuransi

Menurut pengamatan saya, Australia jauh lebih ketat dibandingkan Amerika soal asuransi untuk mahasiswa. Mungkin karena ada pengaruh persemakmuran Inggris kali ya? Di Aussie istilahnya OSHC alias Overseas Student Health Cover. Tapi walaupun lebih ketat, ga enaknya di Aussie adalah banyak hal yang ga ditanggung dalam asuransi ini, salah satunya tuh kondisi yang sudah ada sebelumnya pada 12 bulan pertama.

Sementara kalo di Amrik, siswa “diwajibkan” untuk punya cover asuransi dari pihak ketiga yang direkomendasikan oleh universitas, walaupun banyak juga temen suami saya dulu ambil asuransi yang tidak masuk dalam daftar dan preminya lebih murah (banyak juga yang bandel di sana). Nah, walaupun begitu yang di-cover oleh asuransi itu umumnya sama saja, paling perbedaannya cuma di nominal premi yang dibayarkan dan klaim yang didapat. Sudah begitu semua penyakit umumnya di-cover, kecuali penyakit yang sudah pernah diderita sebelumnya dan ada masa tunggu 6 bulan dulu baru bisa sakit lagi terus bisa ngajuin klaim.

Hamdalah, kondisi kesehatan saya baik. Dan untungnya juga dulu suami saya diperbolehkan ambil asuransi yang rada premium jadi ga perlu kuatir sama sekali mengingat suami, karena kondisinya, kudu check up rutin ke dokter minimal dua bulan sekali.

Cuma itu dulu, jaman Obamacare belum diketok ya, kalo sekarang kondisinya mungkin sudah lain lagi.

Advertisements

One Comment to “Amerika vs Australia (bagian 3)”

  1. Itu gold coin klo dikumpul2in dgn disiplin (nggak dibelanjain, maksudnya), temenku sampe kekumpul cukup buat beli tiket pulang Syd-Cgk lho, hahaha. Klo aku mah, dikumpulin buat dibelanjain di Kmart atau Ikea, lol.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: