Hated in the Nation

Merinding. Tenggorokan langsung kerasa ga enak buat nelen. Itu yang saya rasakan kalo inget Hated in the Nation, satu episode gila Black Mirror. Black Mirror ini adalah serial British yang sekarang bisa ditonton di Netflix.

Spoiler alert

Black-Mirror-3x06.2

Misalnya nih kita punya kemampuan buat mengenyahkan public enemy dari muka bumi dengan cara sesakit-sakitnya dan tempo sesingkat-singkatnya hanya dengan hashtag twitter, kira-kira kalian mau ambil kesempatan itu ga? Ini bener-bener simple, cuma ketik hashtag #deathto trus post ke social media, niscaya dalam 24 jam orang itu bakal menderita. Salah satu korban bahkan rela memotong tenggorokannya sendiri demi menghilangkan rasa sakit yang dialami.

Gimana engga, bayangkan ada seekor lebah yang masuk melalui telinga, langsung menyelinap mencari jalan ke pengatur pusat rasa sakit di otak dan bertengger di sana sampai si korban mati.

Ga ada resiko ditangkap polisi lho.

Mungkin bakal ada yang langsung mau dan membanjiri timeline dengan hasthtag itu. Terbukti dengan ternyata ada 300 ribuan orang yang memanfaatkan peluang ini buat membunuh orang yang ga mereka sukai. Sayangnya para pembunuh ini ngga tahu bahwa mereka juga akan mati dengan cara yang sama.

Sinting. Pardon my French, but this is the most disturbing and thought provoking Black Mirror’s episode. Sampai sekarang, walopun udah beberapa waktu berlalu, kalo inget cerita episode ini saya selalu ngerasa ngga enak.

Trus kenapa sampai dijadiin blog post? Simply because of class assignment! Salah satu mata kuliah yang saya ambil semester ini tuh namanya Impact of Digitisation, yang rinciannya bisa dicek di link ini. Sering kita singkat dengan sebutan Impact, subyek ini ngebahas soal efek teknologi dalam berbagai aspek kehidupan.

Kerennya lagi, Black Mirror dijadiin salah satu rekomendasi dosen buat ditonton. Nih, lihat nih Subject Guideline Impact. Mungkin saking sintingnya cerita-cerita Black Mirror kali ya.

Black MirrorGara-gara ini juga saya selalu excited kalo mo kuliah Impact. Ini baru Week 1 aja saya udah semangat buat milih presentasi di Week 3(!), yang menurut beberapa teman termasuk nekat.. Hahahaha…

Advertisements

2 Comments to “Hated in the Nation”

  1. Jd ini dengan kekuatan bulan eh jin gitu ya? Supernatural?

  2. Jadi inget sama serial Death Note aku mba

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: