Archive for ‘food’

May 6, 2013

Espresso

Sudah lama saya ingin mencari mesin espresso untuk membuat latte atau cappucino sendiri di rumah. Tapi begitu melihat harganya kok sayang ya. Kemarin saya iseng-iseng cek di website Walmart dan ternyata kok espresso maker pas ada yang murah.  Nggak cuma tergiur sama harganya yang murah, saya cek review customer atas espresso maker itu, rata-rata bagus. Boleh juga dicoba nih :p

Siang ini saya membajak suami ke Walmart. Dibela-belain jalan kaki 4.1 mil alias 6.5 kilometer buat ngecek langsung ke Walmart. Kenapa kok ga naik bis aja? Soalnya saya merasa pas musim dingin kemarin ga gerak nih.. Mumpung sekarang hangat, cenderung terlalu hangat malah, dipaksain ke mana-mana jalan kaki sekalian olahraga.

Di Walmart saya langsung mengambil 1 unit espresso maker bermerek Mr. Coffee itu. Sebagai bahan utama untuk membuat espresso, saya masih harus mencari ground coffee alias bubuk kopi. Pas cari-cari ground espresso, saat itu di rak hanya ditemukan 1 kantong, lebih banyak yang whole bean coffee alias kopi yang masih berbentuk biji. Wah, rada susah juga ya kalo rely on ground coffee, jadi mikir apa sekalian beli grinder buat menggiling biji kopinya ya. Jadilah ambil whole bean coffee 1 kantong trus balik lagi ke area home appliances buat ambil grinder. Grinder-nya kebetulan juga murah.

Keuntungan lainnya dengan membeli whole bean coffee ketimbang ground coffee adalah bisa disimpan dengan waktu yang lebih lama (bisa sampai 2 minggu setelah dibuka ketimbang hanya 4-6 hari apabila menyimpan ground coffee).

Begitu sampai rumah, langsung donk dicobain dua-duanya. Pertama-tama baca buku petunjuk dulu. Maklum masih awam banget, blas ngga pernah bikin espresso. Tahunya pas sudah jadi. Setelah itu dicoba menggiling kopi perdana. Tak sampai semenit, asiiik, berhasil tuh!

grinder

grinder

Setelah sukses dapat espresso bubuk trus ke langkah selanjutnya. Brew it!

sebelum espresso-nya keluar

sebelum espresso-nya keluar

Sempat deg-deg-an setelah menekan tombol brew kok ga ada apa-apa. Beberapa menit kemudian..

horee.. espresso-nya mulai keluar

horee.. espresso-nya mulai keluar

Yay! Espresso pertama-ku berhasil! Sudah selesai? Tentu belum. Saya berencana membuat cappucino jadi harus buat steam milk-nya. Setelah steam milk jadi tinggal dituang ke atas espresso yang tadi dibuat lalu diberi caramel sauce.. Hmm, I think I can say goodbye to Starbucks 🙂

Tags:
February 27, 2013

Dinosaur Bar-B-Que

Sejak pertama kali menginjakkan kaki di Syracuse sebenarnya saya sudah membaca tentang restoran ini di TripAdvisor dan Yelp. Nah kebetulan kami sedang merayakan satu tahun pernikahan, jadilah saya dan suami menyempatkan diri makan siang di sini.

Dinosaur

that famous (in Syracuse) steak house

me

cek the menu

Menu yang kami pesan datang dalam porsi yang luar biasa besar.. Kalau menurut menu sih 14 oz alias 396 gram. Ajegile, steak di Ranch Kitchen Jakarta yang 300 gram saja sudah membuat kepayahan..

Suami memesan New York Steak Strip dengan side dish macaroni salad dan fresh cut fries. Itu masih ditambah 2 corn breads. Saya sendiri memesan West Texas Rib Eye dengan side dish mac and cheese dan real mashed potato with gravy. Dua-duanya porsi raksasaaaa!

steak

porsi raksasa

Masalah rasa, sejauh ini steak ter-enak yang pernah saya coba. Holycow Steak, Gandy Steak, Ranch Kitchen, semua lewat dibandingkan steak yang ini. Sayang porsinya terlalu besar untuk perut orang Asia. Lihat saja ekspresi suami saya sebelum dan sesudah makan 😀

before

sebelum

Dan ini sesudah

after

after

Tags:
August 30, 2012

Indocafe Coffeemix

I ran out of Indocafe Coffeemix I brought from Indonesia. This is my last piece. Hope that mix of these can be a delicious substitute of my favorite coffee

Tags:
July 21, 2012

Java on Your Plate

As a Javanese, I grew up in a culture that loves spices. Moving in different cities has just given me an appetite for more. My husband, just like me, is a spice lover too. We both are a huge fans of bakmi Jawa, Javanese noodle stew. That delicious bowl consist of special kind of noodle (homemade), chicken, egg and vegetables.

Tags: